Rabu, 13 Februari 2013

PULAU DERAWAN TUJUAN WISATA BAHARI


EKSOTIS PULAU DERAWAN

Pantai Pulau Derawan
Pulau derawan adalah surga tropis yang sempurna. Suasana di sini hangat dengan pemandangan pasir pantai putih halus, pohon palem yang melambai-lambai, laut murni yang berubah warna dari hijau ke biru gelap. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung dan barakuda, ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati di dunia. Tak heran, pulau Derawan dikenal sebagai tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.


Kepulauan Derawan: Surga Tropis yang Sempurna: Surga Menyelam Pulau Tropis
Terumbu Karang Pulau Derawan
Terletak tak jauh dari daratan Kalimantan Timur di Kabupaten Berau, kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dan yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau DerawanMaratuaSangalaki, dan Kakaban. Di sinilah tempat bersarangnya kura-kura hijau langka dan berbahaya, juga penyu sisik. Anda dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 juta hektar.

Disinilah Anda dapat menemukan 460 jenis karang dan menempati posisi kedua setelah Raja Ampat di Papua Barat. Pengurus tempat konserfasi dan tim ahli internasional juga menemukan lebih dari 870 jenis ikan di sini, mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa hari, sekelompok pari manta ini dalam jumlah yang banyak sekitar 50 ekor terlihat makan bersama di perairan Derawan.

Sementara di Kakaban, Anda dapat menemukan danau ubur-ubur terbesar dan paling beragam di dunia, termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless  yang dapat berenang terbalik. Inilah alasanya mengapa Kakaban dipertimbangkan menjadi nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO.

DIVING DI DERAWAN


Di Pulau Derawan terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman mulai dari lima meter s/d dua puluh meter.Terumbu karang di Pulau Derawan memiliki tutupan rata-rata karang karang keras 17,41% dan tutupan karang hidup 27,78%. Dengan jumlah spesies 460 sampai 470 menunjukkan bahwa ini menjadi kekayaan biodiversitas nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat.
Survei ikan karang tahun 2003 menunjukkan bahwa kepulauan ini menghasilkan 832 spesies. Selain itu, diperkirakan sedikitnya 1.051 spesies terdapat di perairan Berau dengan jenis dominan Gobes (Gobiidae)Wrasses (Labridae), dan Damselfishes (Pomacentridae).cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes). Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger.Pulau Derawan.



Padang lamun ditemukan tersebar di seluruh Kepulauan Derawan dengan kondisi yang berbeda dengan rata-rata luas tutupan kurang dari 10% sampai 80%. Ekosistem ini secara ekologi dan ekonomi sangat penting tapi keberadaannya terancam oleh gangguan dan kegiatan manusia seperti pembukaan hutan besar-besaran, kebakaran hutan, budidaya laut, sedimentasi, baling-baling perahu, dan lain-lain. Di Pulau Derawan terdapat dua jenis lamun yang dominan Thalasia hemprichii dan Halophila ovalis serta empat spesies lamun lain yang ditemukan di sekeliling pulau yaitu Halodule uninervis, Cyamodocea rotundata, Syringodium isoetifolium, dan Halodule pinifolia.

AKOMODASI


Untuk akomodasi, resot menyediakan juga bungalow yang rumah bergaya kalimantan dan menghadap pemandangan laut yang indah.
Anda pun bisa menyewa rumah kapal yang didesain untuk tempat tinggal bila ingin tinggal di kapal, biasanya jika ingin menginap di laut. dan keselamatan anda pun tetap terjaga selama berada di dalam kapal.

Beberapa Boat Terdapat di Pulau derawan
sebagai sarana Transportasi menuju pulau lain
yang juga berada di kepulauan Derawan Ini,
 dan Jangan Takut karena semua operator boat
di pulau Derawan Ramah .

Terdapat Juga Restaurant
yang menyajikan makanan - makanan
pelepas lapar selama anda berada di
pulau derawan ini.


GAME

Banana Boat Di Pulau Derawan
Terdapat Beraneka Ragam permainan di sediakan di pulau Derawan, mulai dari Banana Boat, Jet Sky, Voli Pantai dan bermain pasir pun dapat anda lakukan di sini tanpa ada yang melarang anda.

Voli Pantai
Jet Sky


FOTO GALERY PULAU DERAWAN






 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar